5 Langkah Mudah Memulai Usaha Fotocopy

1. Persiapan Rencana Bisnis
Agar modal yang dikeluarkan dapat dipakai secara optimal, buatlah perhitungan dan perencanaan bisnis dengan baik. Tentukan target pasarnya dan buatlah rencana promosi dengan tepat. Perhitungkan peluang dan resiko atau plus minusnya dengan baik. Lebih baik lagi jika rencana ini dibuat dalam bentuk proposal.

2. Persiapan Lokasi Usaha
Lokasi usaha menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam usaha fotocopy. Pastikan untuk memilih lokasi yang strategis. Jika lokasi rumah kamu dinilai strategis dan kondisinya memungkinkan untuk disediakan ruang usaha fotocopy, berarti kamu tidak perlu menyewa tempat.

Pastikan lokasi usaha berada di daerah yang potensial untuk menarik calon pelanggan. misalkan di daerah dekat sekolah dan kampus, maupun di jalan yang ramai, dan di sekitarnya belum terdapat usaha fotocopy. Calon yang potensial adalah siswa sekolah dan mahasiswa.

3. Persiapan Modal Usaha
Untuk memulai usaha, perlu dipersiapkan modal tetap, yaitu modal yang hanya digunakan pada saat akan memulai sebuah usaha dan dibelanjakan untuk barang yang bernilai besar dan digunakan untuk tujuan jangka panjang. Untuk mempersiapkan modal tetap yang baik, kamu juga membutuhkan biaya penyusutan dalam pembukuannya.

Beberapa perlengkapan yang masuk ke dalam modal tetap untuk usaha fotocopy ini antara lain  : pembelian mesin fotocopy, sewa tempat usaha, pembelian etalase atau rak simpan, alat penjilid, paket usaha fotocopy seperti Neon box, mesin laminating, steples dan alat pemotong kertas.

Selain mempersiapkan modal tetap, kamu juga harus mempersiapkan modal operasional, yaitu modal yang dikeluarkan secara periodik atau ketika persediaan yang ada mulai habis. Yang termasuk biaya operasional adalah biaya gaji pegawai, perawatan mesin dan bayar listrik. Ada pula biaya persediaan untuk pembelian tinta/toner, kertas dan plastik untuk fotocopy dan pembelian kertas untuk cetak foto.

4. Persiapan mesin dan peralatan lainnya
Mesin fotocopy adalah aset yang paling penting dalam usaha ini. Jadi, pastikan memilih mesin fotocopy  dengan cermat dengan mencari berbagai referensi sebagai bahan pertimbangan. Tidak ada salahnya membeli mesin fotocopy bekas, asalkan semua fungsinya masih dapat berjalan baik. Hal ini tergantung pada seberapa banyak modal yang ada.

5. Persiapan Membangun Jaringan
Menjalin kerjasama dan membangun networking adalah salah satu cara terbaik untuk memperlancar usaha. Misalnya, kamu bisa bekerja sama dengan salah satu fakultas untuk mengkopi berkas atau dokumen mereka. Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan harga khusus yang lebih murah

MANDIRI COPIER

Tulis Komentarmu

Recent Posts

Promo Spesial Mesin Fotocopy Mandiri Copier

Promo Mesin Fotocopy Mandiri Copier untuk Nusantara Halo ! Ada kabar gembira untuk para penggiat…

2 months ago

5 Tips Mudah Usaha Fotocopy Lancar

1. Menjual alat tulis kantor (ATK) Yang sering terjadi adalah omset penjualan ATK bisa lebih…

6 months ago

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Fotocopy

Buat kamu yang mungkin sedang mempertimbangkan untuk memulai usaha fotocopy, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan…

6 months ago

Peluang usaha fotocopy

Di zaman serba digital ini, walaupun sebagian orang sudah mulai mengurangi penggunaan kertas untuk berbagai…

6 months ago

Layanan Khusus ‘New Normal & Covid-19’

MANDIRI COPIER Solusi Mesin Fotocopy Kepada, Yth: Pelanggan Setia Konsumen Baik Pelaku Usaha Industri Mesin…

11 months ago

Usaha Mesin Fotocopy, “Mesin Baru atau Rekondisi ?”

Halo.. Salam #SolusiMesinFotocopy ! kali ini Mandiri Copier akan memberikan tips kepada kamu yang ingin…

12 months ago